Menkeu : Kalau Bahas Pajak Banyak yang Ngambek

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan masih banyak pelaku usaha e-commerce yang ‘ngambek’ ketika membahas pajak.

Dalam acara Ignite The Nation, Gerakan 1000 Start-Up, Sri Mulyani menyatakan saat ini masih banyak pelaku usaha e-commerce yang enggan membahas soal pajak.

Dia menjelaskan, saat ini seluruh dunia masih menghadapi tantangan perpajakan bagi ekosistem e-commerce. Oleh sebab itu dia akan mengintensifkan pembahasan selain lintas kementerian tetapi juga kepada para pelaku usaha.

Sri Mulyani menjabarkan bahwa banyak masukan dari pelaku usaha terkait pemungutan pajak e-commerce.  Pasalnya dagang online ini menyebut banyak portal  yang menumbuhkan ekosistem dagang online ini selain platform e-commerce eksisting.

Asal tahu saja, target penerimaan pajak pada RAPBN 2020 menjadi Rp2.221,5 triliun. Target penerimaan ini naik Rp56,4 triliun dari target APBN 2019.

Oleh sebab itu Kementerian Keuangan mulai mengintensifkan rencana pajak e-commerce. Adapun pemerintah juga akan menempuh sejumlah opsi.

Beberapa di antaranya yakni; memobilisasi pendapatan negara, optimalisasi penerimaan perpajakan, maupun reformasi pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Source : bisnis.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *