Kata Dirjen Pajak Soal “Berburu di Kebun Binatang”

Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan menjawab sindiran bahwa pihaknya “berburu di kebun binatang”, atau hanya mengejar para wajib pajak yang itu-itu saja. Dalam dialog di studio Beritasatu News Channel, Senin (19/8/2019) malam, Robert mengklaim bahwa jumlah wajib pajak di Indonesia sudah makin banyak.

Dibandingkan satu dekade sebelumnya, jumlah dan persentase wajib pajak ini jauh lebih besar, kata Robert. Meskipun demikian, diakuinya bahwa para wajib pajak skala besar tetap diawasi lebih ketat, “supaya tidak lolos, supaya mereka patuh.” Untuk wajib pajak lainnya yang mencapai sekitar 40 juta, sudah ada sistem supaya mereka patuh.

Cara Menghitung Target
Robert menjelaskan target penerimaan pajak Rp 1.861,8 triliun pada 2020, atau naik 13,3% dari proyeksi penerimaan pajak tahun ini, telah disusun dengan cermat dan hati-hati. Target itu disusun dengan asumsi pertumbuhan ekonomi riil 5,3%, inflasi 3,1%, dan pendapatan nasional 8,4%.

Dengan elastisitas 1,5 kali dari pertumbuhan pendapatan nasional, maka peningkatan penerimaan pajak dipatok 13,3%. “Ambisiuskah? Harusnya sesuatu yang bisa terjangkau, tetapi tergantung juga pertumbuhan ekonominya,” kata Robert.

Robert kembali menekankan bahwa pertumbuhan penerimaan pajak sebagian besar dipengaruhi kondisi ekonomi, khususnya di sektor-sektor yang memang banyak kena pajak.

Source : https://www.beritasatu.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *