Sri Mulyani Terbitkan Aturan Baru Sistem Administrasi Pajak

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperbaharui sistem informasi untuk administrasi perpajakan. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 56 tahun 2019.

Aturan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden (PP) Nomor 40 tahun 2018 tentang tentang Pembaruan Sistem Administrasi Perpajakan dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan atau Jasa untuk Pembaruan Sistem Administrasi Perpajakan.

Dalam aturan ini, dikatakan sistem administrasi perpajakan adalah sistem yang membantu melaksanakan prosedur dan tata kelola administrasi perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, perencanaan dan persiapan pengadaan sistem informasi dalam aturan ini meliputi analisis kebutuhan, menyusun spesifikasi teknis, menetapkan pelaku pengadaan, menyusun dan menetapkan RUP, menyusun dan menetapkan DPP dan menyusun dan menetapkan Dokumen Pemilihan Penyedia.

Adapun metode pemilihan penyedia sistem informasi bisa dilakukan melalui dua cara. Pertama, metode tender internasional menggunakan metode tender dua tahap dengan pra-kualifikasi. Kedua, metode penunjukan langsung.

Source : cnbcindonwsia.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *